Pengertian dan Contoh Possessive Pronouns

Monday, April 1, 2013

Pengertian Possessive Pronouns

Possessive Pronouns adalah kata ganti yang digunakan untuk mewakili atau menggantikan kepemilikan dari orang, benda, atau binatang. Contoh kata kepemilikan seperti: milik saya, milik kamu, milik dia, dst tentunya sering kita gunakan dalam percakapan sehari-hari.

Untuk informasi selengkapnya mengenai penggunaan dari Possessive Pronouns, silahkan perhatikan tabel berikut:

Possessive Pronouns
Possessive Adjective
Possessive Pronouns
Arti
My …
Mine
Milik saya.
Your …
Yours
Milik kamu.
Their …
Theirs
Milik mereka.
Our …
Ours
Milik kami/ kita.
His …
His
Milik dia (laki-laki)
Her …
Hers
Milik dia (perempuan)
Its …
Its
Miliknya (benda/binatang)

Possessive Adjective digunakan dan diikuti oleh kata benda-nya (nouns), contohnya: my book, your car, their class, our teacher, his pen, her umbrella, its tail, etc. Sedangkan untuk penggunaan Possessive Pronouns, silahkan perhatikan contoh kalimat di bawah ini.

Contoh Kalimat Possessive Pronouns

These clothes are very nice. Mine is the expensive one.
Artinya: Baju-baju ini sangat bagus. (Baju) Milik saya yang harganya mahal.

This is your pen, and the red one is mine.
Artinya: Ini pulpen mu, dan yang warna merah adalah (pulpen) milik saya.

Pada contoh kalimat pertama, Mine berfungsi sebagai subject yang menggantikan “my clothes” (baju saya). Sedangkan pada contoh kalimat kedua, mine berfungsi sebagai object yang menggantikan “my pen” (pulpen saya). Jadi, penggunaan Possessive Pronouns ini bisa digunakan baik sebagai subject ataupun object untuk menggantikan kepemilikan dari orang, benda, atau binatang. Aturan yang sama berlaku seperti contoh kalimat diatas, sekarang silahkan perhatikan contoh kalimat berikut:

My pen is broken. Yours writes well.
Artinya: Pulpen saya rusak. (Pulpen) Punya kamu dapat digunakan menulis dengan baik.

I don’t like cakes, but I like yours.
Artinya: Saya tidak suka kue, tetapi saya suka (kue) milik kamu.

My class is bad. Theirs is the most beautiful one.
Artinya: Kelas saya jelek. (Kelas) milik mereka adalah yang paling indah/ bagus.

I don’t like my bag. I like theirs.
Artinya: Saya tidak suka tas saya. Saya suka (tas) milik mereka.

It is your plane. Ours is delay.
Artinya: Ini adalah pesawat mu. (Pesawat) Milik kita terlambat datang.

We wrote that poem yesterday. Do you like ours?
Artinya: Kita menulis puisi itu kemarin. Apakah kamu suka dengan (puisi) milik kita?

My motorcycle is in the parking area. His is across that shop.
Artinya: Sepeda motor saya ada di tempat parker. (Sepedamotor) Milik dia ada di seberang toko itu.

Tina has a big house. Hers is in front of my house.
Artinya: Tina punya rumah yang besar. (Rumah) Milik dia ada di depan rumah saya.

Semoga artikel ini bisa dipahami dan membantu untuk belajar bahasa inggris, jika bermanfaat mohon di share. Mohon maaf jika ada kesalahan dalam pengetikan. Dan untuk segala jenis pertanyaan, saran, dan kritik bisa dicantumkan pada kolom komentar. Terima kasih.

No comments:

Post a Comment

 
DMCA.com