Bentuk-bentuk dari "OTHER"

Tuesday, December 3, 2013

Bentuk-bentuk dari "other" dapat digunakan sebagai adjectives (kata sifat) atau pronouns (kata ganti). Perlu diperhatikan dalam penggunaanya, akhiran "-s" digunakan hanya untuk kata ganti jamak/ plural pronouns (others). Untuk lebih jelasnya, silahkan perhatikan contoh kalimat di bawah ini:

The students in the class come from many countries. One of the students is from Mexico. Another student is from Iraq. Another is from Japan. Other students are from Brazil. And others are from France.

Arti dari kata "another" adalah satu tambahan lagi dari sesuatu yang sudah disebutkan sebelumnya. Sedangkan arti kata "other/ others" (tanpa "he") adalah beberapa tambahan lagi dari sesuatu yang sudah disebutkan.

Untuk arti kata dari "the other(s)" adalah semua yang tersisa dari jumlah yang sudah disebutkan, atau semua sisa dari sesuatu kelompopk yang spesifik. Perhatikan contoh kalimat di bawah ini:

I have three books. Two are mine. The other book is yours. = (The other is yours)
I have three books. One is mine. The other books are yours. = (The others are yours)


ADJECTIVE
PRONOUN
Singular:
Plural:
Another book (is)
Other books (are)
Another (is)
Others (are)
Singular:
Plural:
The other book (is)
The other books (are)
The other (is)
The others (are)

Each other dan one another mengindikasikan hubungan timbal balik. Silahkan perhatikan dua contoh kalimat di bawah ini:

We write to each other every week.
We write to one another every week.

Makna kedua contoh kalimat di atas adalah: “I write to him every week, and he writes to me every week”. (Saya menulis surat kepada dia setiap minggu, dan dia juga menulis surat kepada saya setiap minggu). Sedangkan untuk penggunaan “every other”, silahkan perhatikan contoh kalimat berikut:

Please write on every other line.
I see her every other week.

Every other dapat memberikan ide/ gagasan dari pengganti/ berselang/ berganti-ganti, jadi makna dari contoh kalimat pertama di atas adalah: tulislah pada baris pertama, jangan menulis pada baris yang kedua. Tulislah pada baris ketiga, jangan menulis pada baris keempat, dan seterusnya.

Another juga bisa digunakan untuk mengkespresikan waktu, uang, dan jarak, walaupun terdapat plural nouns (kata benda jamak) dalam ekspresi ini. Contohnya:

I will be here for another three years.
I need another five dollars.
We drove another ten miles.

Semoga artikel ini bisa dipahami dan membantu untuk belajar bahasa inggris, jika bermanfaat mohon di share. Mohon maaf jika ada kesalahan dalam pengetikan. Dan untuk segala jenis pertanyaan, saran, dan kritik bisa dicantumkan pada kolom komentar. Terima kasih. 

6 comments

  1. Wah susah ya memahami other, another, the others, the other...

    ReplyDelete
  2. hehehe... iya mas Mustofa. Sabar yah :) Insya Allah pelan2 pasti bisa :)

    ReplyDelete
  3. Mas Rifqie, Thanks buanget.. Sangat bermanfa'at.. Blognya mas Rifqie udah ane markahai, ini ane jadikan sebagai salah satu tutorial ane untuk belajar bahasa inggris. Moga ilmunya terus bertambah.. Moga dapet ganjaran pahala yang berlipat ganda..

    ReplyDelete
  4. Terima kasih mas, Semoga selalu bermanfaat untuk belajar bahasa inggris.. :)

    ReplyDelete
  5. kata other dan another memang sangat membingungkan ya mas, jadi kita harus teliti karena kadang bisa bermakna jamak dan juga bermakna tunggal ;)

    ReplyDelete
  6. sangat bermanfaat dan mudah dicerna gan. yuk biasakan berbahasa inggris di rumah, hehe

    ReplyDelete

 
DMCA.com