Rumus, Arti, dan Contoh Penggunaan Kata "too"

Monday, January 26, 2015

Dalam kalimat Bahasa Inggris kita sering menemukan penggunaan kata "too". Dalam Bahasa Indonesia, "too" memilki arti terlalu. Tidak hanya memiliki arti terlalu, "too" juga memiliki beberapa arti jika kita lihat pada kamus diantaranya: juga, sekali. Contoh: "She is hungry too" (Arti: Dia juga lapar). Karena kata "too" memilki beberapa arti, maka kita harus memperhatikan konteks kalimat untuk menterjemahkannya.

Berikut adalah beberapa cara menggunakan kata "too" dalam kalimat Bahasa Inggris yang bisa anda pelajari.

A.   too + Adjective/ Adverb

Silahkan pelajari contoh kalimat di bawah ini:
Can you turn the radio down? It’s too loud. = louder than I want.
(Arti: Bisakah kamu mengecilkan suara radionya? Suara radio nya terlalu keras)

I can’t work. I am too tired. (Arti: Saya tidak bisa bekerja. Saya terlalu capek)

I think you work too hard. (Arti: Saya rasa kamu bekerja terlalu keras)

B.    too much/ too many

too much/ too many = sesuatunya melebihi daripada yang kamu inginkan/ harapkan.

I don’t like the weather here. There  is too much rain.
(Arti: Saya tidak suka cuaca disini. Terlalu sering hujan)

Let’s go to aother restaurant. There are too many people here.
(Arti: Mari kita pergi ke restoran lainnya. Ada terlalu banyak orang disini)

Emily studies all the time. I think she studies too much.
(Arti: Emily belajar sepanjang waktu. Saya rasa dia terlalu banyak/ sering belajar)

Traffic is a problem in this town. There are too many cars.
(Arti: Lalu lintas adalah suatu masalah di kota ini. Terlalu banyak mobil)

C.    Bandingkan penggunaan “too” dan “not enough”

The hat is too big for him.

Arti: Topinya terlalu besar untuk dia
The hat is not big enough for him. (= the hat is too small)
Arti: Topinya tidak cukup besar untuk dia.
The radio is too loud. Can you turn it down, please?

Arti: Suara radio nya terlalu keras. Bisakah tolong kamu pelankan suaranya?
The radio is not loud enough. Can you turn it up, please?

Arti: Suara radio nya tidak cukup keras. Bisakah tolong kamu keraskan suaranya?
There is too much sugar in my coffee. (= more sugar than I want)

Arti: Ada terlalu banyak gula di kopi saya.
There is not enough sugar in my coffee. (= I need more sugar)

Arti: Kurang cukup gula di kopi saya.
I don’t feel very well. I ate too much.

Arti: Saya merasa kurang sehat. Saya makan terlalu banyak.
You are very thin. You do not eat enough.

Arti: Kamu sangat kurus. Kamu tidak makan cukup.

D.   Penggunaan Kata “too” Yang Biasa Digunakan

too ... for (somebody/ something)
These shoes are too big for me.
(Arti: Sepatu ini terlalu besar untukku)

This house is too small for a large family.
(Arti: Rumah ini terlalu kecil untuk keluarga besar)
too ... to (do something)
I’m too tired to go out.
(Arti: Saya terlalu capek untuk pergi keluar)

It’s too cold to sit outside.
(Arti: Terlalu dingin untuk duduk diluar ruangan)
too ... for (somebody/ something) to (do something)
She speaks too fast for me to understand.
(Arti: Dia berbicara terlalu cepat bagi saya untuk memahaminya)

Semoga artikel ini bisa dipahami dan membantu untuk belajar bahasa inggris, jika bermanfaat mohon di share. Mohon maaf jika ada kesalahan dalam pengetikan. Dan untuk segala jenis pertanyaan, saran, dan kritik bisa dicantumkan pada kolom komentar. Terima kasih.

No comments:

Post a Comment

 
DMCA.com