Belajar Bahasa Inggris Tanpa Grammar Itu Mustahil!

Monday, June 10, 2013

Assalamu’alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh, Hallo kawan2… :)
Pada artikel kali ini, kami akan mengulas beberapa pendapat orang tentang metode yang diterapkan dalam belajar Bahasa Inggris. Salah satu metode yang sering saya dengar adalah "belajar Bahasa Inggris tanpa Grammar". Bukan saya mau bersifat frontal ataupun vulgar, saya hanya menegaskan suatu sudut pandang (point of view) menurut pendapat saya sendiri.

Saya berpendapat bahwa "Belajar Bahasa Inggris Tanpa Grammar itu Mustahil". Mengapa saya berpendapat seperti itu? Ya, jelas saya berani berpendapat seperti itu karena saya juga sampai sekarang tetap belajar Bahasa Inggris, khususnya English Grammar. Dan saya merasakan betapa pentingnya Grammar itu dalam Bahasa Inggris.

Pertama-tama, apa itu Grammar? Saya rasa banyak orang sudah mengetahui dari definisi Grammar itu sendiri. Suatu tatanan Bahasa dalam Bahasa Inggris tentunya. Setiap Bahasa mempunyai aturan (rules) ketika Bahasa itu diciptakan. Lalu pertanyaannya adalah, "apakah kita patut melupakan atau tidak menggunakan suatu aturan yang sudah ada dalam suatu Bahasa"? khususnya Grammar Bahasa Inggris dalam topic kita kali ini. Sekarang silahkan anda pertimbangkan sendiri.

Yang kedua, anda juga belajar tananan Bahasa kita sendiri yakni Bahasa Indonesia, iya kan?. Lalu pertanyaannya, "kenapa kita keberatan untuk mempelajari tatanan Bahasa lainnya, khususnya Grammar Bahasa Inggris"?. Jika karena English Grammar itu dianggap susah sebagai jawaban anda, berarti anda masih belum punya niat yang matang untuk belajar Bahasa Inggris.

Yang ketiga, bayangkan kawan! Jika anda belajar Bahasa Inggris tanpa Grammar, apa yang akan terjadi? Well, banyak kemungkinan anda akan tetap bisa berbahasa Inggris (Speaking English) bahkan menerapkannya. Lalu pertanyaannya, "Apakah anda tidak ingin mampu berbahasa Inggris sesuai dengan tatanan yang sudah ada (Speaking English Grammatically) dengan lawan bicara anda, lebih-lebih partner anda adalah orang asing"? Silahkan pertimbangkan sendiri kawan!

Yang keempat, banyak saya menemukan beberapa jasa Bimbingan Les/ kursus Bahasa Inggris baik di dunia nyata ataupun maya yang menawarkan untuk belajar Bahasa Inggris tanpa Grammar. Cobalah bertanya pada diri anda sendiri kawan! Pertanyaannya, "Apa orientasi mereka dalam mengajarkan Bahasa Inggris kepada orang lain, sementara Grammar itu adalah point yang sangat penting dalam Bahasa Inggris"?

"Saya rasa itu hanyalah Bahasa marketing dari mereka untuk menarik perhatian para pelajar"! Sehingga mendapatkan beberapa peminat yang ingin secara instant bisa berbahasa Inggris. Perhatikan beberapa points dibawah ini:
  • Jika mereka menawarkan metode pengajaran tanpa Grammar, apakah mereka masih tetap belajar English Grammar dan sudah mampu/ mahir berbahasa Inggris sesuai dengan tatanan yang ada? 
  • Apakah orientasi dari lembaga belajar tersebut? Sementara mereka mengabaikan English Grammar yang sudah jelas-jelas merupakan bagian penting dalam belajar Bahasa Inggris. Apakah hanya uang (financial) belaka? 
  • Jika kawan-kawan ada yang mengikuti metode tersebut, metode apa yang anda dapatkan dari cara belajar Bahasa Inggris yang seperti itu? Apakah hanya menghafalkan kalimat-kalimat yang dianggap penting dalam percakapan sehari-hari (daily conversation)? Sangatlah tidak masuk akal, Berapa sich kapasitas otak kita? Bayangkan, kamus Bahasa Inggris sangatlah tebal kawan dan di dalamnya terdapat lebih dari 1 juta kosa kata (vocabularies) Bahasa Inggris. Nah, masa anda diminta untuk menghafalkan kalimat Bahasa Inggris yang sangatlah panjang (terdiri dari beberapa kosa kata)? Hahahahaha… :D, Seberapa tebal tuh kalimat-kalimat yang harus kita hafal jika dijadikan kamus?
  • Jika itu merupakan metode dari mereka, apakah anda tidak bertanya-tanya pada diri anda sendiri, bagaimana kalimat itu bisa terbentuk? Bagaimana beberapa element-element yang berbeda muncul pada kalimat yang berbeda? Silahkan pertimbangkan lagi kawan. Saya rasa jawabannya sangat sederhana. Kalimat-kalimat yang anda hafalkan itu terbentuk dari English Grammar, jadi silahkan belajar Grammar Bahasa Inggris mulai sekarang! 
  • Jika anda ingin bisa berbahasa Inggris, "apakah anda tidak ingin mampu untuk berbahasa Inggris sesuai tatanan yang sesuai (Speaking English Grammatically)"? Lebih-lebih Bahasa Inggris yang anda pelajari bisa berguna untuk pekerjaan atau karir anda. 
  • Bahasa apapun itu kaya, kaya akan element-element yang ada di dalamnya. Jadi kesimpulannya, "ANDA TIDAKLAH BISA BELAJAR BAHASA INGGRIS SECARA INSTANT!" Semuanya perlu waktu, NIAT DAN KESABARAN anda dalam belajar akanlah sangat membantu. 
  • Saya menyarankan, pintar-pintarlah memilih media pembelajaran Bahasa Inggris. Mereka (tempat pembelajaran/ kursus Bahasa Inggris) juga mempunyai saingan dan mereka menawarkan banyak ragam metode yang berbeda-beda.
  • Jangan BUANG WAKTU DAN UANG ANDA jika hasilnya TIDAK MAKSIMAL. Bukankah begitu kawan? 
  • Dari artikel saya kali ini, saya mohon maaf yang banyak kepada khalayak umum. TIDAK ADA MAKSUD DARI SAYA UNTUK MENYINGGUNG PIHAK LAIN.  Saya pribadi hanya punya prinsip, "JIKA INGIN MENGAMALKAN ILMU JANGAN ASAL-ASALAN, APALAGI MELUPAKAN HAL YANG SANGAT VITAL, ITU MERUPAKAN DAMPAK BURUK BAGI ORANG YANG BELAJAR (MURID KITA)".
  • Coba kita perhatikan beberapa informasi yang mungkin kita temukan, seperti:
"KURSUS CEPAT/ KILAT BAHASA INGGRIS TANPA GRAMMAR"
"BELAJAR BAHASA INGGRIS MUDAH DAN CEPAT TANPA GRAMMAR"
"BELAJAR BAHASA INGGRIS FULL CONVERSATION TANPA GRAMMAR"
Dan lain-lain

Lupakanlah kawan! Apa gunanya belajar Bahasa tetapi TIDAK MEMPELAJARI TATATAN BAHASA ITU SENDIRI? Saya berani berpendapat "NONSENSE".

Jika anda menganggap "Grammar Bahasa Inggris adalah ILMU". Kemudian dilupakan atau bahkan tidak dipelajari (tidak diamalkan secara layak kepada siswa/ pelajar Bahasa Inggris), SUNGGUH KASIAN SEKALI YA YANG MENCIPTAKAN BAHASA TERSEBUT. Hehe… :D

Semoga artikel ini bisa menjadi BAHAN PERTIMBANGAN dan MOTIVASI tentunya untuk belajar Bahasa Inggris, jika bermanfaat mohon di share. Mohon maaf jika ada kesalahan dalam pengetikan. Dan untuk segala jenis pertanyaan, saran, dan kritik bisa dicantumkan pada kolom komentar. Terima kasih.

14 comments

  1. I really love point 6, especially the red ones!!! Why? Coz, we do it too though have no background in literature. It's little bit tricky but I've got the benefit. I thought we should learn to housemaid who worked with expat. ha3x.....coz we'd seen by my eyes.

    Due grammar? If we've got stag in speaking, it's mean that we still need to learn grammar again. But, no need to get trap in it. Just enjoyed and make improvement to get better and better.

    Lately, for mas/om blogger (Rifqi), would you mind sharing your mindset in learning process that you've taken before till now? Though not correlate with lesson but I thought it's really interesting as it make me feel curious as this blog has different style and taste with others.

    ReplyDelete
  2. With my pleasure, mas Mochtar. Indeed, we must be ever got stuck when we spoke English. I have already written some tips for improving Speaking English skill. I think the key is we have to be brave, at the first time we may ignore the grammar as long as our partners know or understand about what we are talking about. But we may use Grammar little by little for our improvements.

    In this new era, I have been seeing several cases which I think it is very strange. Please look at point 10. In learning any kind of languages, WE NEED TO UNDERSTAND, NOT TO MEMORIZE EVERY SINGLE SENTENCE. Please don't blame or ignore the GRAMMAR, if we realize that it is important and can help us much in learning English. So why not to learn Grammar?

    Don’t be curious brother, say what do you want to say to me. Just give me questions if you have some. Every people have their own style. Yah, In this time I just share my point of view and experiences about teaching method. Hopefully, this website will always be useful for all of us.

    Thank you mas Mochtar, I really appreciate your comment. And I really thanks for supporting us.

    ReplyDelete
  3. Pals, your word -> brave - remind me that I've written due tips by term brave, fun, happy, vocab, practice - but, it's too bad I forget the file.

    It's marketing. But I thought it depend on our mindset that grammar such as ghost till we wanna to deny it. Ups, sorry for my question and better to forget it. (he3x) By the way, you're still use "Osing" language? I've heard it and it's nice even have no idea the meaning.

    Have you read Bobbi de Porter, Quantum Teaching?

    ReplyDelete
  4. Yes, some people must have different perspectives in learning as well. We can't force anyone. The reason is we are not learning for speaking, but we are learning the language and its elements inside. Hehehe... you got me, Guest what? Although I was born and live in Banyuwangi but I can't speak Osing. The local people use it for daily communication here.

    About the book, actually I have never read that book. Is it interesting to read?

    ReplyDelete
  5. ha3x...you have sense joke too, I just enjoying the rhythm, wish you still keep up your own grass root.

    Nice book and in bahasa. As you get involved in teaching world, should be better have read it. For instance, the principle what's the benefit for me in learning English. Thus, I always count on me the positive impact than my barrier, especially due grammatical discipline.

    ReplyDelete
  6. I will... by the way I have another one, Bobbi de Porter - Quantum Learning

    ReplyDelete
  7. That's the beginning.

    Then, explored by Hernowo Mizan in bahasa such as Quantum Reading, Quantum Writing. Even though it's derivatives but I fond of it coz much easier. ha3x... Finally we've gotten a glimpse of multiple intelligence, SAVI, and others. As we've got information that learning it doesn't mean try to absorb only but also to explore ourselves. Yups, learning process is so... so individual, thus, even we sit beside during lecture....the result truly different.

    Hi pals, so lovely the topic. I just thinking that this language as a communication tool than a lesson. It's slightly different approach than opinion of my friend as we'd worked with expatriates before. Lately, please close our discussion, as somebody would say "arek loro ki grenengan apa wae je....". ha3x. I wanna to surf your articles.

    ReplyDelete
  8. Nice discussion right here. I myself actually learn and speak English by learning grammar. That was my thought at first time. I've been thinking for many times even up to now how can I firstly learn the English language ? writing first, listening, or anyway. I began to realize that listening would be the first one coz before knowing grammatical rules, I had spoken up some words by imitating what my teacher said. This sounds unfair could be. But that's the language.

    ReplyDelete
  9. Then you're NOT in the wrong line I think... Go ahead brother :)

    ReplyDelete
  10. saya mau tanya, saat ini banyak lembaga kursus bahasa inggris, menurut anda lembaga kursus yang seperti apa yang baik untuk belajar grammar sekaligus conversation?

    ReplyDelete
  11. Mbak Furi: Banyak pilihan mbak... Mbak bisa survey terlebih dahulu ke beberapa lembaga pendidikan swasta, metode beserta materi yang akan didapatkan tentunya. Saran saya, Mbak lebih bagus jika join ke tempat kursus yang menyediakan materi grammar dan mampu mendatangkan native speaker sebagai partner untuk belajar conversation.

    ReplyDelete
  12. ‫السلام عليكم

    saya ada niat ke luar ni bib... tapi kebingungan dalam berbahasa. yang jadi pertanyaan sebaiknya di pending atau pergi? curhat dulu ah. hehee

    ReplyDelete
  13. Wa'alaikum salam wr wb. Mas Wisnu silahkan pergi saja, lingkungan sekitar bisa jadi pendukung utama mas. Tetapi jgn lupa belajar juga. Insya Allah bisa :)

    ReplyDelete

 
DMCA.com