Contoh Kalimat Expressing Willingness/ Wishes and Hope (Keinginan dan Harapan)

Sunday, June 2, 2013

Berikut adalah beberapa frase dan contoh kalimat yang bisa digunakan untuk mengungkapkan atau mengekspresikan willingness/ wishes and hope (keinginan dan harapan).

A.        Willingness (Keinginan)

1.         Menggunakan Adjectives: Willing (Berminat)

Contoh Kalimat:
I’m not willing to help you. (Artinya: Saya tidak berminat membantumu)
He is willing to come back. (Artinya: Dia berminat untuk kembali)
Etc.

2.         Menggunakan Adverbs: Willingly (Dengan sengaja/ berminat)

Contoh Kalimat:
Did you do this job willingly?
(Artinya: Apakah kamu dengan sengaja mengerjakan pekerjaan ini?)
I pick you willingly.
(Artinya: Saya menjemputmu dengan sengaja)
Etc.

3.         Menggunakan Nouns: Will (Kemauan/ Kehendak)

Contoh Kalimat:
It’s not my will. (Artinya: Ini bukan keinginan/ kehendakku)
I don’t understand your will. (Artinya: Saya tidak mengerti keinginanmu)
Etc.

4.         I would like to (Saya ingin)

Contoh Kalimat:
I would like to drink. (Artinya: Saya ingin minum)
I would like to see you. (Artinya: Saya ingin menemuimu)
Etc.

5.         Wish + Clause (Mengharapkan/ ingin)

Contoh Kalimat:
I wish I could help you. (Artinya: Saya berharap saya dapat membantumu)
I wish I know your address. (Artinya: Saya ingin tahu alamatmu)
Etc.

B.        Hope (Harapan)

1.         If only (Kalau saja/ seandainya)

Contoh Kalimat:
If only I knew your address. (Artinya: Kalau saja/ seandainya saya tahu alamatmu)
If only I had money. (Artinya: Seandainya saja saya punya uang)
Etc.

2.         Hope + that clause (Mengharap)

Contoh Kalimat:
I hope that you have done the test.
(Artinya: Saya harap kamu sudah mengerjakan tes tersebut)
I hope that we shall get much money.
(Artinya: Saya harap kita dapat memperoleh banyak uang)
Etc.

3.         Subjunctive Phrase (Ungkapan semoga/ doa)

Contoh Kalimat:
May God Bless you. (Artinya: Semoga Tuhan memberkatimu)
May you pass in exam. (Artinya: Semoga kamu lulus ujian)
Etc.

Semoga artikel ini bisa dipahami dan membantu untuk belajar bahasa inggris, jika bermanfaat mohon di share. Mohon maaf jika ada kesalahan dalam pengetikan. Dan untuk segala jenis pertanyaan, saran, dan kritik bisa dicantumkan pada kolom komentar. Terima kasih.

No comments:

Post a Comment

 
DMCA.com