Expressing Habitual Past Menggunakan "Used to" dan "Be Used to"

Tuesday, June 25, 2013

“Used to” digunakan untuk mengekspresikan suatu kebiasaan, aktifitas, atau situasi yang terjadi pada masa lampau (past) dan tidak lagi terjadi/ ada sampai saat ini (present). Silahkan perhatikan contoh kalimat di bawah ini:

“Jack used to live in Chicago”. (Artinya: Jack dulu tinggal di Chicago)

Makna kalimat di atas adalah: dulunya Jack tinggal di Chicago, tetapi sekarang dia tidak lagi tinggal di Chicago. Atau dengan kata lain “used to” memiliki arti/ makna “dulu”.

“Be used to” memiliki arti yang sama dengan “be accustomed to”. Digunakan untuk mengekspresikan suatu situasi atau aktifitas yang sudah terbiasa dilakukan sejak masa lampau (past). Perhatikan contoh kalimat berikut:

“Hannah is used to cold weather”.
“Hannah is accustomed to cold weather”.
(Artinya: Hannah terbiasa dengan cuaca yang dingin.)

Dua kalimat di atas memilki makna yang sama. Hidup dengan hawa yang dingin sudah biasa atau normal bagi Hannah. Baik cuaca dingin, salju, ataupun es bukanlah hal yang aneh bagi Hannah, “Hannah sudah terbiasa dengan semua itu sejak dulu”. Dengan kata lain “be used to” memiliki arti/ makna “sudah terbiasa (sejak dulu)”.

Untuk lebih jelasnya mengenai makna dan penyusunan kalimatnya, mari kita bandingkan penggunaan dari keduanya. Silahkan perhatikan contoh kalimat di bawah ini:

a.        Jason used to live in Las Vegas.
b.        May is used to living in a cold climate.
She is accustomed to living there.

Kesimpulan:
Untuk mengkespresikan “Habitual Past” (kebiasaan di masa lampau), “used” diikuti dengan infinitive, contohnya: ... to live seperti pada point (a).

Sedangkan “Be used to” dan “be accustomed to” diikuti dengan gerund (Verb + -ing), seperti contoh kalimat pada point (b).

Contoh lainnya:
“Bob moved to Alaska. After a while he got used to/ got accustomed to living in a cold climate”.

(Artinya: Bob berpindah ke Alaska. Sesaat kemudian dia menjadi terbiasa hidup/ tinggal di tempat yang beriklim/ bercuaca dingin.)

Pada ekspresi serupa seperti “get used to” dan “get accustomed to”, kata “get” memiliki arti “become” (menjadi).

Contoh Kalimat:
I used to live in Finland, but now I live in France.
(Artinya: Saya dulu tinggal di Finlandia, tetapi sekarang saya tinggal di Perancis)

She is used to sitting at this desk. She sits here every day.
(Artinya: Dia terbiasa duduk di bangku ini. Dia duduk disini setiap hari)

I used to sit in the back of the classroom, but now I prefer to sit in the front now.
(Artinya: Saya dulu duduk di bagian belakang kelas, tetapi sekarang saya lebih suka duduk di depan)

You and I are from different cultures. You are used to having fish for breakfast. I am used to having cheese and bread for breakfast.
(Artinya: Kamu dan saya memiliki budaya yang berbeda. Kamu terbiasa sarapan dengan ikan. Saya terbiasa sarapan dengan keju dan roti)

When I was a child, I used to play football with my friends in a big field near my house after school every day.
(Artinya: Ketika saya masih kecil, saya dulu bermain sepak bola dengan teman-teman saya di lapangan besar dekat rumah saya seusai dari sekolah setiap hari)

Semoga artikel ini bisa dipahami dan membantu untuk belajar bahasa inggris, jika bermanfaat mohon di share. Mohon maaf jika ada kesalahan dalam pengetikan. Dan untuk segala jenis pertanyaan, saran, dan kritik bisa dicantumkan pada kolom komentar. Terima kasih.

4 comments

  1. Hi Mas Bobby, terima kasih mas. Boleh mas, jgn lupa dicantumin source nya ya mas :) Semoga selalu bermanfaat.

    ReplyDelete
  2. Aku punya saran, gimana kalo misalnya semua yang ada di blog ini di buku kan, kan bisa lebih bermanfaat, jadi banyak yang tau blog ini, dan jadi lebih mudah untuk belajar bahasa Inggris, yang ga punya internet juga jadi bisa baca :)

    ReplyDelete
  3. Amin, mudah2an mbak Rizki. Sementara masih tersedia ebook 16 tenses Bahasa Inggris.

    ReplyDelete

 
DMCA.com