Pengertian dan Penggunaan Article "the/ a/ an"

Wednesday, July 3, 2013

Secara dasar, “article” adalah kata sifat (adjective). Seperti layaknya adjective, articles juga memodifikasi nouns (kata benda).

Di dalam Bahasa Inggris, ada 2 jenis articles yaitu: “the” dan “a/ an”. “The” digunakan ketika mengacu pada kata benda tertentu atau kata benda yang spesifik. Sedangkan penggunaan article “a/ an” digunakan untuk menunjukkan/ memodifikasi kata benda yang tidak spesifik.
1. "the" =  Definite article
2. "a/ an" =  Indefinite articles

Contohnya: Jika saya mengatakan, “Let’s read the book”. Maka yang saya maksud adalah buku yang spesifik (khusus)/ buku tertentu. Tetapi jika saya berkata, “Let’s read a book”. Maka yang saya maksud adalah segala macam buku, bukan buku tertentu/ buku yang spesifik (khusus).

Jika anda masih merasa susah untuk memahaminya, mari kita perhatikan contoh kalimat berikut:

“I watch the most popular movie of the year.”

Makna dari kalimat tersebut adalah, ada banyak sekalli film, tetapi hanya ada satu film tertentu yang paling populer dan saya menontonnya. Maka dari itu pada kalimat tersebut, kita menggunakan article “the”.

Sedangkan pada penggunaan article “a/ an”, digunakan ketika kita tidak mengacu pada kata benda tertentu/ spesifik. Perhatikan contoh kalimat berikut:

“I am going to go to watch a movie.”

Karena kita menggunakan article “a” (indefinite article), maka disini kita tidak membicarakan tentang film tertentu atau film yang spesifik. Kita sedang membicarakan tentang film apa saja atau film yang mana saja. Jadi makna contoh kalimat di atas adalah: ada banyak film, dan saya akan pergi untuk menonton film apa saja yang ada. Tidak ada film tertentu atau film yang khusus dalam fikiran saya.

Penghilangan Article

Beberapa jenis kata benda (nouns) juga ada yang tidak perlu disertai dengan article, contohnya:
  1. Nama dari bahasa dan kebangsaan: Chinese, English, Spanish, Russian, etc (kecuali jika anda ingin menunjukkan populasi dari suatu negara, misal: "The Spanish are known for their warm hospitality.")
  2. Nama cabang-cabang olahraga: volleyball, hockey, baseball, etc.
  3. Nama mata pelajaran: mathematics, biology, history, computer science, etc.
Reference: Using articles. http://owl.english.purdue.edu/owl/resource/540/01/. Accessed on July, 02. 2013

Semoga artikel ini bisa dipahami dan membantu untuk belajar bahasa inggris, jika bermanfaat mohon di share. Mohon maaf jika ada kesalahan dalam pengetikan. Dan untuk segala jenis pertanyaan, saran, dan kritik bisa dicantumkan pada kolom komentar. Terima kasih.

5 comments

 
DMCA.com