Cara Menggunakan "Be Going to" dalam Simple Future Tense

Wednesday, November 19, 2014

Cara Menggunakan “Be Going to”dalam Simple Future Tense"be going to" memiliki arti yang sama seperti "will" (Artinya: akan). Keduanya lazim digunakan pada Simple Future Tense.

Penggunaan "Be going to"

1.    "Be going to" digunakan ketika kita ingin mengekspresikan sesuatu dimana kita sudah memutuskan dan berniat/ berencana untuk melakukan sesuatu tersebut (Prior Plan). Contohnya:

I am going to do it.  (Saya akan melakukannya)
Dari kalimat di atas maknanya adalah bahwa saya sudah memutuskan untuk melakukannya, dan niat saya adalah untuk melakukannya.

Kesimpulan:
Jadi intinya ketika sesuatu tersebut sudah menjadi keputusan anda dan sudah menjadi rencana anda untuk dilakukan dimasa yang akan datang (future) maka untuk mengekspresikannya anda bisa menggunakan "be going to". Berikut adalah beberapa contoh kalimat yang menggunakan "be going to":

I’m going to buy some books tomorrow.
(Saya akan membeli beberapa buku besok)

Sarah is going to sell her car.
(Sarah akan menjual mobilnya)

I’m not going to have breakfast this morning. I’m not hungry.
(Saya tidak akan sarapan pagi ini. Saya tidak lapar)

What are you going to wear to the party tonight?
(Apa yang akan kamu kenakan saat pergi ke pesta malam ini?)

I’m going to wash my hands.
(Saya akan mencuci tangan saya)

Are you going to invite John to your party?
(Apakah kamu akan mengundang John ke pesta mu?)

2.    "Be going to" juga digunakan untuk mengekspresikan sesuatu yang sudah jelas akan terjadi sekarang. Silahkan perhatikan contoh kalimat di bawah ini:

Look at the sky! It is going to rain.
(black clouds now = rain)

Oh dear! It’s 9 o’clock and I am not ready. I am going to be late.
(9 o’clock now and not ready = late)

NOTES:
  • Jika dalam suatu kalimat terdapat kata kerja (Verb). Maka  setelah "be going to" harus diikuti Verb 1 (base form of verb), contohnya:
I am going to buy a radio.
She is going to rent a house.
They are going to go to California next weekend.
Etc.
  • Tetapi jika pada suatu kalimat TIDAK ada kata kerjanya (Non Verb). Maka setelah "be going to" harus diikuti oleh “be”. Untuk lebih jelasnya silahkan perhatikan contoh kalimat dibawah ini:
I am going to be there in the next 20 minutes. (Saya akan ada disana 20 menit lagi)
She is going to be late. (Dia akan terlambat)
You are going to be a father. (Kamu akan menjadi sesorang ayah)

Silahkan baca artikel kami lainnya mengenai Penggunaan Will dan Shall dalam Simple Future Tense.
 
Semoga artikel ini bisa dipahami dan membantu untuk belajar bahasa inggris, jika bermanfaat mohon di share. Mohon maaf jika ada kesalahan dalam pengetikan. Dan untuk segala jenis pertanyaan, saran, dan kritik bisa dicantumkan pada kolom komentar. Terima kasih.

No comments:

Post a Comment

 
DMCA.com