Penggunaan Adverbs: Still, Yet, and Already

Friday, December 12, 2014

Still, yet, dan already merupakan adverbs, ketiga sering kita jumpai dalam beberapa kalimat Bahasa Inggris. Mungkin beberapa dari anda masih ada yang bingung atau merasa kesusahan akan penggunaan atau ingin tahu bagaimana cara menggunakan still, yet, dan already ini. 

Ketiga adverbs (kata keterangan) ini semuanya digunakan untuk mengekspresikan suatu tindakan  yang akan terjadi, atau diharapkan untuk terjadi, atau tidak diharapkan untuk terjadi di masa sekarang (present time).

Mari kita belajar menggunakan adverbs: still, yet, dan already dalam kalimat Bahasa Inggris supaya kita mengetahui secara detail dan perbedaan diantara penggunaan still, yet, dan already ini. Silahkan perhatikan contoh kalimat di bawah ini.

Menggunakan Adverb "STILL"

Still = something is the same as before.
(Arti: Masih/ keadaan sesuatu masih sama seperti sebelumnya)

Contoh kalimat:
I had a lot to eat but I’m still hungry. (= I was hungry before and I am hungry now)
(Arti: Saya sudah makan banyak tetapi saya masih lapar)

Ben: Did you sell your car? (Arti: Apakah kamu menjual mobilmu?)
David: No, I have still got it. (Arti: Tidak, aku masih memilikinya)

Lucy: Do you still live in Madrid? (Arti: Apakah kamu masih tinggal di Madrid?)
Patrick: No, I live in Ibiza now. (Arti: Tidak, Saya sekarang tinggal di Ibiza).

Menggunakan Adverb "YET"

Yet = until now (Arti: masih/ masih belum – sampai sekarang)

Kita menggunakan "yet" pada kalimat negatif (negative sentences), dan juga pada kalimat tanya (questions). Kata "yet" biasanya diletakkan diakhir kalimat. Silahkan perhatikan contoh kalimat berikut:

Thiago: Where is Harry? (Arti: Dimana Harry?)
Luiz: He is not here yet. (Arti: Dia masih belum disini).

NOTE: Perlu diingat bahwa "yet" digunakan pada kalimat negatif dan kalimat tanya. Berdasarkan contoh kalimat di atas, "He is not here yet" memiliki makna yang sama seperti  "He will be here but until now he has not come" (Makna: Harry akan kesini tetapi sampai sekarang dia masih belum datang).

Iris: What are you doing this evening? (Arti: Apakah yang sedang kamu lakukan malam ini?).
Lisa: I do not know yet. (Arti: Saya masih belum tahu).

Alex: Are you ready to go yet? (Arti: Apakah kamu masih belum siap untuk pergi?)
Mica: Not yet, wait a moment. (Arti: Masih belum, tunggu sebentar)

Jawaban "Not yet, wait a moment" memilki makna yang sama seperti "I will be ready but I’m not ready at the moment". (Arti: Saya akan siap, tetapi untuk saat ini saya masih belum siap).

Osman: Have you finished with the newspaper yet?
(Arti: Kamu sudah selesai membaca korannya belum? / Apakah kamu belum selesai membaca korannya?)

Olivia: No, I am still reading it. (Belum, saya masih sedang membacanya)

NOTE: Bandingakan penggunaan yet dan still:

Contoh kalimat: 

She has not gone yet. (Arti: Dia masih belum pergi) = She is still here. (Arti: Dia masih disini)
 

I have not finished eating yet. (Arti: Saya masih belum selesai makan) = I’m still eating. (Arti: Saya masih sedang makan)

Dari penjelasan dan beberapa contoh-contoh kalimat di atas, saya berharap anda sudah dapat memahami penggunaan still/ yet, dan kapan anda harus menggunakan still dan yet dalam kalimat Bahasa Inggris.

Menggunakan Adverb "ALREADY"

Already = earlier than expected.
(Arti: Sesuatu sudah terjadi lebih awal dari yang kita sangka/ harapkan)

Perhatikan contoh kalimat di bawah ini:

Sarah: What time is John arriving? (Arti: Jam berapa John tiba?)
Mona: He is already here. (Arti: Dia sudah disini) = ealier than we expected (John sudah tiba disni lebih awal dari yang kita sangka).

Kimberly: I’m going to tell you what happened. (Arti: Saya akan mengatakan kepadamu apa yang terjadi)
Damien: That’s not necessary. I already know. (Arti: Tidak perlu. Saya sudah tahu)

Anna doesn’t want to go to the cinema. She has already seen the film.
(Arti: Anna tidak ingin pergi ke bioskop. Dia sudah menonton filmnya)

Semoga artikel ini bisa dipahami dan membantu untuk belajar bahasa inggris, jika bermanfaat mohon di share. Mohon maaf jika ada kesalahan dalam pengetikan. Dan untuk segala jenis pertanyaan, saran, dan kritik bisa dicantumkan pada kolom komentar. Terima kasih.

No comments:

Post a Comment

 
DMCA.com