Noun Clause Yang Dimulai Dengan That

Thursday, December 11, 2014

Pada artikel yang sebelumnya kita sudah membahas bagaimana cara menyusun noun clause yang dimulai dengan wether atau if. Pada kesempatan kali ini yuk kita langsung mulai belajar menggunakan noun clause yang dimulai dengan that. Silahkan perhatikan case study di bawah ini:

He is a good doctor. (Arti: Dia adalah seorang dokter yang baik/ bagus)

Dari kalimat di atas kita bisa menggunakan noun clause yang dimulai dengan kata “that”. Mari kita rubah contoh kalimat di atas menjadi kalimat yang menggunakan noun clause.

(a)    I think that he is a good doctor.
(b)   I think he is a good doctor.

Bagaimana? Cukup mudah bukan. Mari kita coba satu kalimat lagi supaya lebih jelas dan mudah dipahami.

The world is round. (Arti: Bumi itu bulat)
(c)    We know that the world is round.

NOTE:
Pada kalimat (a): that he is a good doctor adalah noun clause. Frase tersebut digunakan sebagai objek dari kata kerja think. Sedangkan kata that, ketika menjelaskan noun clause-nya, kata that ini tidak memiliki arti. Kata ini hanya sebagai tanda dimulainya sebuah klausa. Kata that ini sering dihilangkan, seperti pada contoh kalimat (b), khususnya ketika dalam speaking (berbicara) kata that ini tidak digunakan.

Silahkan pelajari lagi contoh kalimat di bawah ini:

She doesn’t understand spoken English. (Arti: Dia tidak memahami dialek Bahasa Inggris)

(d)   That she doesn’t understand spoken english is obvious.
(e)   It is obvious (that) she doesn’t understand spoken English.

The world is round. (Arti: Bumi itu bulat)

(f)     That the world is round is a fact.
(g)    It is a fact that the world is round.

NOTE:
Pada contoh kalimat (d); noun clause (That she doesn’t understand spoken english) digunakan sebagai subjek pada kalimat tersebut. Kata that tidak dihilangkan ketika kata that tersebut menerangkan noun clause yang digunakan sebagai subjek pada suatu kalimat, seperti yang dapat kita lihat pada contoh kalimat (d) dan (f). Kata that tidak dihilangkan karena berfungsi sebagai subjek yang menerangkan noun clause.

Dan umumnya, kata “it” berfungsi sebagai subjek, dan noun clause-nya diletakkan pada akhir kalimat seperti pada contoh kalimat (e) dan (g). Sekian penjelasan dari saya, semoga bisa difahami.

Semoga artikel ini bisa dipahami dan membantu untuk belajar bahasa inggris, jika bermanfaat mohon di share. Mohon maaf jika ada kesalahan dalam pengetikan. Dan untuk segala jenis pertanyaan, saran, dan kritik bisa dicantumkan pada kolom komentar. Terima kasih.

No comments:

Post a Comment

 
DMCA.com