Noun Clauses Yang Dimulai Dengan Whether atau If

Thursday, November 7, 2013

Ketika suatu "yes/ no question" (bentuk pertanyaan interrogative) dirubah kedalam bentuk klausa nomina (noun clause), whether atau if dapat digunakan untuk memperkenalkan klausa tersebut.

Kata "whether" lebih baik digunakan dalam Bahasa Inggris yang formal, tetapi "if" secara umum lebih sering digunakan, khususnya dalam berbicara (speaking). Untuk lebih jelasnya, silahkan perhatikan contoh-contoh kalimat di bawah ini:

Will she come?
(Artinya: Akankah dia datang?)

I don’t know whether she will come.
I don’t know if she will come.
(Artinya: Saya tidak tau apakah dia akan datang)

I wonder whether he needs help.
I wonder if he needs help.
(Artinya: Saya penasaran apakah dia membutuhkan bantuan)

I wonder whether or not she will come.
I wonder whether she will come or not.
I wonder if she will come or not.
(Artinya: Saya penasaran apakah dia akan datang atau tidak)

CATATAN: perhatikan jika noun clause-nya ada dalam posisi sebagai subject.

Whether she comes or not is unimportant to me.
(Artinya: Apakah dia datang atau tidak, adalah tidak penting bagi saya)

Saya sarankan, silahkan baca juga artikel kami mengenai Noun Clause Yang Dimulai Dengan That. Semoga artikel ini bisa dipahami dan membantu untuk belajar bahasa inggris, jika bermanfaat mohon di share. Mohon maaf jika ada kesalahan dalam pengetikan. Dan untuk segala jenis pertanyaan, saran, dan kritik bisa dicantumkan pada kolom komentar. Terima kasih.

No comments:

Post a Comment

 
DMCA.com