Pengertian, Fungsi dan Contoh Adverbs (Kata Keterangan)

Monday, April 15, 2013

Pengertian Adverbs

Adverbs adalah kata keterangan. Adverbs dan adjectives memiliki kesamaan. Jika ditinjau dari segi filsafat bahasa, kedua kata ini diawali dengan kata “Ad” yang memungkinkan adanya arti “Add” atau “penambahan”. Jika adjectives menambahkan kejelasan arti pada benda-benda (nouns), maka adverbs menambahkan kejelasan terhadap kata kerja (verbs), misalnya:

“She runs slowly (Dia berlari dengan lambat). Kata “slowly” merupakan adverb yang menjelaskan atau menambah kejelasan pada makna runs” (bagaimana dia berlari), bukannya “she”. Meskipun yang berlari (“runs”) adalah subject “she”, namun adverb dari kata “slowly” menjelaskan kata kerjanya (“runs”). Sehingga memberi makna jelas bahwa “berlari-nya dilakukan dengan lambat/ perlahan” (runs slowly).

Jadi, adverbs itu adalah kata keterangan yang memberi penjelasan pada semua kata lain kecuali kata benda. Pada umumnya adverbs dapat dibentuk dari adjectives dengan menambahkan kata “-ly” di belakang kata sifat tersebut. Namun, peraturan ini tidak berlaku untuk semua kata sifat. Silahkan perhatikan contoh di bawah ini.

Contoh Adverbs (Kata Keterangan)

Adjectives
Adverbs
Fluent
Contoh kalimat:
Her English is fluent.
(Artinya: Bahasa Inggris dia fasih/ lancar)
Fluently
Contoh kalimat:
She can speak English fluently.
(Artinya: Dia dapat berbicara Bahasa Inggris dengan fasih/ lancar)
Slow
Contoh kalimat:
He is a slow reader.
(Artinya: Dia adalah pembaca yang lambat)
Slowly
Contoh kalimat:
He reads the book slowly.
(Artinya: Dia membaca buku dengan lambat)
Quick
Contoh kalimat:
She is quick writer.
(Artinya: Dia adalah penulis yang cepat)
Quickly
Contoh kalimat:
She writes quickly.
(Artinya: Dia menulis dengan cepat)

CATATAN:
Aturan membentuk adverbs tidak selalu harus menambahkan akhiran “-ly” dari semua kata sifat (adjectives). Aturan ini hanya berlaku untuk beberapa kata sifat saja.

Fungsi Adverbs (Kata Keterangan)

Selain digunakan untuk menerangkan kata kerja (verbs), terkadang adverbs juga digunakan untuk memodifikasi atau menerangkan adjectives (kata sifat), misalnya:

I am extremely happy. (Artinya: Saya sangat bahagia)
Pada contoh kalimat di atas, kata “extremely” berfungsi sebagai adverb yang menerangkan kata sifat “happy”.

Adverbs juga digunakan untuk mengekspresikan waktu atau frekwensi, contohnya: tomorrow, today, yesterday, soon, never, usually, always, yet, etc. Untuk informasi selengkapnya mengenai adverbs (kata keterangan), kami sarankan silahkan baca juga artikel kami mengenai Pengertian dan Macam-macam Adverb Clauses.

Contoh Kalimat Menggunakan Adverbs (Kata Keterangan)

George writes carelessly.
I answered that his question easily.
Sally speaks softly.
I entered the classroom quietly because I was late.
Jack opened the heavy door slowly.
The old man carves wooden figures skillfully.
A busy executive usually has short conversations on the telephone.
The young man had a very good time at the picnic yesterday.
I write English articles continuously.
She has been singing a song beautifully for 6 minutes.

Semoga artikel ini bisa dipahami dan membantu untuk belajar bahasa inggris, jika bermanfaat mohon di share. Mohon maaf jika ada kesalahan dalam pengetikan. Dan untuk segala jenis pertanyaan, saran, dan kritik bisa dicantumkan pada kolom komentar. Terima kasih.

4 comments

  1. Maaf menunggu lama nih min ;)
    mohon dimaklumi, sibuk di dunia nyata ..

    ViperGoy Blog

    ReplyDelete
  2. iya gpp gan :) sdh link back tp gan ? terima kasih ya

    ReplyDelete
  3. Teori Tema-Rema mungkin bisa menembah kejelasan ttg arti 'adverb'. Wilyah Tema atau subyek tidak akan ada adverb yg secara langsung, sedangkan semua kata yang ada di wilayah Rema atau predikat memberi penjelasan baik langsung maupun tidak kepada verba. 'Anak lelaki itu kemarin berlari dengan cepat'. 'Anak lelaki itu' = Tema (tak ada adverb'), dan 'kemarin berlari dengan capat' = Rema. Di daerah Rema terdapat dua adverb, yaitu 'kemarin' dan 'dengan cepat', di mana keduanya menjelaskan verba 'berlari'.

    ReplyDelete
  4. Terima Kasih info dan saran teorinya . Saya faham yang anda maksud karena setiap orang punya cara sendiri untuk membuat suatu pelajaran/ materi mudah dipahami, dan setiap cara orang berbeda-beda.

    ReplyDelete

 
DMCA.com