Tipe-tipe Nouns, Number Nouns dan Noun Classes

Wednesday, April 10, 2013

Tipe-tipe Nouns

Countable nouns adalah kata benda (nouns) yang dapat dihitung. Contohnya: table (meja), car (mobil), chair (kursi), class (kelas), apple (apel), etc.

Uncountable nouns adalah kata benda yang tak dapat dihitung. Contohnya: water (air), sugar (gula), butter (mentega), dust (debu), coffee (kopi), etc. Untuk mengetahui contoh-contoh uncountable nouns berdasarkan kategorinya, silahkan baca juga artikel kami mengenai Contoh Uncountable Nouns (Kata Benda Yang Tidak Dapat Dihitung).

Number Nouns

1.   Singular Nouns (Kata Benda Tunggal)
Kata benda tunggal  (hanya ada 1 benda) dan digunakan bersama artikel “a” atau “an”. Contohnya: a book (sebuah buku), an apple (satu buah apel), a box (sebuah kotak), etc.

CATATAN:
Artikel “a” digunakan jika kata bendanya (nouns) berawalan huruf konsonan. Dan artikel “an” digunakan jika (nouns) kata bendanya diawali dengan huruf vocal.
                                         
2.   Plural Nouns (Kata Benda Jamak)
Kata benda yang menunjukkan bahwa kata benda tersebut lebih dari satu (jamak). kita harus menambahkan akhiran “–s/ -es” pada bentuk nouns (kata benda) nya. Contohnya:

I want to buy five pencils.
They cleaned three classes yesterday.
The pens are on the table.

Nouns Classes

1.   Masculine Gender
Adalah kata benda (nouns) jenis kelamin laki-laki. Contohnya: father (ayah), uncle (paman), son (putera), boy (anak laki-laki), husband (suami), etc.

2.   Feminine Gender
Adalah kata benda (nouns) jenis kelamin perempuan. Contohnya: mother (ibu), aunt (bibi), wife (istri), etc.

3.   Neuter Gender Nouns
Adalah kata benda (nouns) yang tak berjenis kelamin, atau netral. Contohnya: bus (bis), car (mobil), book (buku), etc.

4.   Common Gender Nouns
Adalah kata benda (nouns) yang berjenis kelamin umum. Contohnya: baby (bayi), friend (teman), teacher (guru), etc.

Semoga artikel ini bisa dipahami dan membantu untuk belajar bahasa inggris, jika bermanfaat mohon di share. Mohon maaf jika ada kesalahan dalam pengetikan. Dan untuk segala jenis pertanyaan, saran, dan kritik bisa dicantumkan pada kolom komentar. Terima kasih.

No comments:

Post a Comment

 
DMCA.com