Pengertian dan Contoh Sentences (Kalimat)

Saturday, May 4, 2013

Pengertian Sentence (Kalimat)

Sentence (kalimat) adalah susunan kata yang mengekspresikan gagasan lengkap/ jelas yang terdiri dari subject dan predicate. Di dalam suatu kalimat (sentence), predicate –nya selalu terdapat kata kerja (verb). Jadi dengan kata lain, dapat dikatakan bahwa sentence (kalimat) harus tersusun setidaknya dengan adanya subject dan verb.

Beberapa orang juga mendefinisikan bahwa sentence (kalimat) adalah susunan kata yang diawali dengan huruf besar/kapital (capital letter) dan di akhiri dengan tanda baca titik (full stop/ period), tanda tanya (question mark) atau tanda seru (exclamation point). Untuk lebih jelasnya, silahkan perhatikan tabel di bawah ini.

Sentence
No.
Subject
Predicate
Verb

1.
Sun
rises.

2.
Tina
speaks
English.
3.
Kagawa and Kim
speaks
Japanese everyday.
4.
You
Stop!

5.

Stop!

6.

Look!

7.

Watch out!


CATATAN:
Beberapa kalimat bisa saja tidak menggunakan subject, khususnya pada kalimat perintah (imperative), perhatikan contoh kalimat di atas dari nomor 5 sampai 7.

Contoh Kalimat

We go to the market.
Look out!
How do you do this?
I and my mother help my father fix the rooftop.
Do your tasks without cheating!
Etc.

Semoga artikel ini bisa dipahami dan membantu untuk belajar bahasa inggris, jika bermanfaat mohon di share. Mohon maaf jika ada kesalahan dalam pengetikan. Dan untuk segala jenis pertanyaan, saran, dan kritik bisa dicantumkan pada kolom komentar. Terima kasih.

References:

No comments:

Post a Comment

 
DMCA.com